Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pelajaran Agar Bisa Menjadi Programmer Website Profesional

Banyak pada zaman sekarang apalagi anak remaja yang sudah ingin belajar tentang teknologi, khususnya membuat website. mereka sangat tertarik dengan website, karena setiap hari berinteraksi dengan komputer/laptop. mungkin pertama tidak tertarik, lama kelamaan anda pasti ingin tau besar saat bermain game atau membuat website hiburan. bagaimana sih membuat website seperti itu ?
6 pelajaran yang harus anda belajar, agar menjadi programmer website yang handal
Kejadian ini banyak dialami remaja yang sedang meranjak dewasa yang sudah memikirkan masa depan yang ingin mencari uang sendiri.

Bagi anda seorang mahasiswa jurusan komputer, pasti mempelajari bahasa program juga bukan ? dari tugas program bisa juga timbul rasa suka terhadap pelajaran tersebut.

Apa Itu Programming Website ?

Disebut juga pemgembang aplikasi berbasis web, perkerjaan untuk membuat tampilan sebuah website agar menjadi website interaktif oleh pengunjung.

Baca Juga : 6 Tips Interview Diterima Perusahaan Khusus Untuk Seorang Programmer

Belajar Programmer Website Untuk Pemula


1. HTML

Hal yang pertama, anda harus belajar HTML (Hypertext Markup Language). html saya dengan pondasi rumah untuk menjadi kerangkat sebuah rumah yang kokoh. tanpa html anda tidak bisa akan bisa membuat website yang utuh karena tidak ada dasar pembangunannya.

Bahasa resminya HTML adalah bahasa markup standar untuk membuat halaman website dan aplikasi web.

Anda bisa belajar melalui modul gratis yang tersebar di internet, saya merekomendasikan belajar HTML di Channel Web Programming Unpas.

2. CSS

Kepanjang CSS adalah Cascading Style Sheets, yang berfunsi untuk menghias sebuah halaman website agar semakin indah liat di mata. tanpa css, halaman website tidak akan menjadi web 100%. karena pengunjung tidak mau melihat halaman putih saja.

Ada dua jenis css yaitu css layouting, berguna untuk mengatur sebuah halaman website dengan ukuran yang responsive dan css 3, beguna untuk menambahkan daya tarik interaksi halaman web, seperti text yang diberi bayangan dan masih banyak lainnya.

3. Javascript

Javascript adalah bahasa program yang berbasis web, javascript banyak digunakan untuk memberi interaksi halaman website, seperti iklan yang muncul tiba-tiba saat membuat website pertama kali dan banyak fungsi lainnya.

JS juga di tafsirkan yang sesuai dengan spesifikasi ECMAScript, dulu sih namanya ECMAScript, tetapi tahun ketahun berubah menjadi Javascript. bahasa program ini sebagai dinamis, berarti bahasa pemogramman yang selalu update setiap bulan atau pertahun.

4. Database

Database adalah kumpul data yang terorganisir lebih kompleks. database bisa di simpan di server komputer anda maupun di server hosting. keuntungan anda belajar databases ini agar website anda bisa meletakkan suatu data member, contohnya web jual beli online yang mempunyai member jutaan, nah kegunaan database ini lah sangat berguna untuk menyimpan username, password dan email pelanggan.

5. PHP

Bisa di sebut juga Hypertext Preprocessor adalah bahasa program serba berguna awalnya khusus untuk membangun sebuah website. dibuat oleh orang yang bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1944 sampai sekarang, yang di produksi oleh The PHP Group.

PHP juga memiliki dua proses program yang bermana prosedural dan oop (Object-oriented programming) yang berbeda struktur pembuatan programnya.

Proses Proseduran merupakan membuat program dengan cara terstruktur dari awal sampai terakhir menyelesaikan program, jadi tidak boleh acak-acakan.

Kalau OOP, membuat program lebih fleksibel alias tidak terstruktur, tetapi bisa di jalankan dengan normal, itulah kelebihan oop, tetapi tidak ada yang lebih bagus anda antara kedua tersebut, tergantung anda membuat website seperti apa.

6. Framework

Adalah sebuah software mempermudah programmer untuk membuat website dengan waktu yang cepat. berbagai fungsi diantaranya plugin agar membentuk tertentu agar lebih rapi.

Banyak jenis framework yang bisa anda gunakan, seperti bootstrap (CSS), Materilize (CSS), Laravel (PHP), Codigner (PHP), React (JS), Vue (JS) dan masih banyak yang lain yang tidak bisa saya sebutkan.

Baca Juga : 6 Tips Ekstra Ngoding Agar Semangat Setiap Hari

Penutup

Demikianlah, artikel saya tentang pelajaran agar anda bisa menjadi developers website yang handal. programmer adalah pembelajar sejati, maka dari itu belajarlah hal yang baru setiap hari, agar anda tau informasi yang anda dapatkan masih banyak yang belum anda ketahui.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "6 Pelajaran Agar Bisa Menjadi Programmer Website Profesional"