Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan (Shutdown) Komputer Otomatis Saat Waktu Tertentu

Mematikan komputer otomatis dengan task scheduler - Bagi pengguna komputer salah satunya yang menggunakan sistem operasi windows, pasti sudah pernah mengalami komputer atau laptop mati sendiri di sebabkan listrik padam (mati lampu) atau bisa juga hardware komputer mengalami masalah. mungkin anda pernah menjalankan perintah mematikan komputer dengan sendirinya, tetapi tidak tau kapan.
cara mematikan komputer otomatis dengan waktu
Bisa jadi teman anda orang yang usil yang sedang menjahili anda dengan menggunakan laptop/komputer agar mati otomatis (shutdown) dengan sendirinya. untuk pengguna yang awam pasti merasa panik dan bingung penyebabnya, tetapi di sini saya akan meluruskan agar anda bisa mengetahui cara mematikan komputer otomatis pada jam tertentu dan mengatasi mati sendiri yang sudah di setting oleh orang lain.

Tips ini cocok untuk anda yang tidak mau beranjak atau pergi di depan komputer alias candu bermain game dan pekerjaan merugikan membuang waktu. maka dari itu jika berniat untuk menghilangkan kebiasaan buruk berlama-lama di depan komputer hingga larut malam, wajib memasang timer waktu shutdown kepada komputer atau laptop anda sendiri.

Cara Mematikan Komputer Otomatis Pada Jam Tertentu

1. Buka CMD dengan Ctrl + R, ketikkan cmd dan enter.
2. Ketikkan shutdown -s -t 300. saya akan membuat waktu shutdown hitung mundur dari 5 menit, berarti 300 artinya 5 menit. karena 1 menit = 60 detik, anda tinggal mengkalinya 60 x 5 = 300 detik.

perintah singkat -s artinya shutdown dan -t artinya timer (waktu). selain dari itu anda bisa juga menambahkan pesan singkat saat komputer ingin shutdown dengan menambahkan perintah -c. contohnya shutdown -s -c "komputer akan mati secara otomatis 5 menit" -t 300.

Cara Membatalkan Shutdown Otomatis

Setelah anda memasang atau setting matikan otomatis laptop/pc anda, nanti saat anda hidupkan akan di eksekusi perintah yang sama, sehingga saat hidup akan mati otomatis dalam waktu 5 menit. jika anda ingin menghapus setting, buka cmd dan ketikkan perintah shutdown -a dan enter.

Baca Juga : Cara ganti nada shutdown, restart di windows

Demikianlah, cara mematikan komputer otomatis dengan waktu tertentu. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan (Shutdown) Komputer Otomatis Saat Waktu Tertentu"