Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Hapus Virus Readme.eml & runonce.exe 100% Berhasil!

Beberapa hari lalu saya sempat menghadapi masalah dengan laptop saya yang di serang oleh virus yang bernama readme.eml dan runonce.exe. saya sempat panik, karena semua program saya menjadi not responding, seperti sotware microsoft word, google chrome, dan software penting lainnya. biasanya saya, jika laptop/komputer terkena virus, saya segera melakukan install ulang windows.
cara menghapus virus readme.eml
Install windows memungkinkan virus terhapus dengan sendiri, tetapi saya terkejut virus readme.eml dan runonce.exe tidak terhapus. disini saya melakukan pemeriksaan folder dan file satu persatu, hal hasilnya saya menemukan file readme.eml setiap folder yang sama buka, artinya semua folder sudah terjangkit virus parah ini.

Penyebab datangnya file berformat readme.eml, karena adanya software/aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem operasi windows yang bernama runonce.exe. runonce.exe ini, setiap anda menghidupkan laptop/komputer/pc secara otomatis akan membuat virus file readme.eml di semua folder hingga memasuki file registrasi.

Sebagai contoh, saya akan memperlihatkan source code program saya yang terkena dan berhasil dimasuki readme.eml. jika anda lihat gambar dibawah, kodenya sudah panjang sekali dan otomatis terbuat karena adanya software runonce.exe, sehingga semua aplikasi di komputer menjadi notresponding dan terkadang terbuka tab baru yang menampilkan tulisan readme.ml.

Cara Mengatasi Virus Readme.eml

Jika semua aplikasi/software di komputer anda sudah tidak bisa terbuka dengan normal, saya sarankan untuk install ulang terlebih dahulu. setelah install ulang, anda install software antivirus smadav yang versi terbaru. Pemberitahuan, Matikan Koneksi Internet Anda, saat melakukan scan penuh smadav, hingga akhir artikel ini.

1. Buka software smadav, lakukan full scanning untuk mendeteksi software runonce.exe dan file readme.eml.
2. Setelah ketemu virusnya, hapus semua virus.
3. Periksa di task manager, dengan mengetikan di icon windows view running processes with task manager. adakah software runonce.exe yang masih berjalan di latar belakang windows atau tidak. jika ada end process.

4. Selanjutnya, akan melakukan penghapusan file readme.eml di seluruh laptop/komputer anda. ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Hapus Virus Readme.eml

1. Buka CMD, (commant prompt), dengan cara tekan Ctrl + R, lalu ketikan cmd dan enter. kemudian ketikan di kode di bawah ini kedalam cmd dan enter. perhatikan juga, disk anda apakah D: atau C:.

  • del /s/f/q c:\*.eml (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive c)
  • del /s/f/q d:\*.eml (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive d)
2. Tunggu proses penghapusan berhenti, di gambar di bawah artinya tidak ada file readme.eml di termukan, sebelumnya banyak daftarnya setiap folder terhapus.

3. Supaya bisa optimal mendeteksi semua sistem dan kedalam exe, download Sality Killer agar menghapus dan memperbaiki software yang terkena virus.

4. Jalankan sotware sality killer, secara otomatis akan menscan semua sistem dan program di komputer/laptop anda. scannya membutuhkan waktu lama, tunggu hingga selesai.

Apa Itu runonce.exe?

Aplikasi perangkat lunak yang di kembangkan oleh microsoft, berfungsi sebagai mengintall driver dan layanan saat startup (hidupkan pc). runonce.exe adalah file ketika komputer di hidupkan akan menjalankan run once wrapper, sehingga tidak menimbulkan ancaman kepada komputer maupun laptop anda. baca penjelasan lengkap tentang runonce.exe.

Seperti yang kita bahas di artikel ini, menghapus software runonce.exe, dikarenakan adanya virus readme.eml yang masuk kedalam program. jika anda hapus program runonce.exe secara otomatis akan terdownload sendiri, tetapi jangan khawatir anda sudah melakukan tutorial seperti di artikel ini.

Dari pengalaman saya, sudah berhasil menggunakan tutorial di atas tersebut dan sudah berhasil menghapus dan mengatasi virus readme.eml. semoga anda juga berhasil seperti saya mempraktekannya.

Demikianlah, cara menghapus virus readme.eml. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Hapus Virus Readme.eml & runonce.exe 100% Berhasil!"