Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Editor Wordpress V.5.0 GUTENBERG + All Fiturs

Pada bulan Juni, konferensi WordCamp Eropa 2018 (WCEU) diadakan, di mana berita yang terkait dengan editor WordPress Gutenberg diharapkan akan diperkenalkan. Oleh karena itu pembicara utama dari acara ini adalah salah satu pendiri WordPress, Matt Mullenweg, yang mengumumkan rencana ambisius untuk pengembangan lebih lanjut Gutenberg dalam beberapa bulan ke depan.
Tanggal 06 Desember 2018, akhirnya di rilis juga wordpress update versi 5.0 yang mengalami update abis-abisan alias update besar di code editor wordpress itu sendiri. alhasil pengguna wordpress banyak yang terkejut update wordpress versi 5 ini, karena Clasic Editor diganti dengan Gutenberg.

Pada sampai saat ini pengguna wordpress masih bertahan menggunakan clasic editor yang versi lama. users wordpress juga belum terbiasa dengan editor gutenberg yang baru di rilis ini.

Saya melakukan review ini karena saya cukup mengerti Editor gutenberg ini, karena wordpress 5.0 release date 2018 mirip sekali dengan theme builder divi yang saya beli hahaha, maka dari itu saya tidak terkejut dan sudah terbiasa melihat page builder divi yang sama dengan update wordpress versi 5 ini.

Bagi yang minat membeli Theme Divi, Silahkan beli kepada saya sendiri. theme divi yang saya jual ini adalah life time alias selamanya dan apabila divi ada update akan otomatis update tanpa membeli lagi lisensi mereka. Contact Facebook. Harga 100k

Melakukan Backup Website

Bagi anda yang mau mengupdate wordpress ke versi 5.0, alahkah baik nya anda backup semua website anda di cpanel, ikuti tutorial cara backup website dicpanel dengan mudah.
melakukan backup ini adalah saran yang paling bagus untuk anda, mencengah saat update mengalami crash atau error yang terjadi di website anda.

Anda bisa update wordpress dengan cara otomatis maupun cara manual (sendiri), apabila anda mau update cara otomatis silahkan klik tombol Update Now seperti gambar di atas.
Apabila anda tertarik dengan langkah-langkah update manual bisa mencoba tutorial cara update wordpress manual (sendiri).

Tampilan Editor Wordpress 5.0


Menurut saya tampilan baru wordpres versi 5.0 ini adalah tampilan bagus, simple dan terlihat modren dengan zaman sekarang. dari segi fitur saya lihat sama seperti fitur wordpress clasic editor dulu, cuma tampilan sekarang lebih modren. bagi anda pernah menggunakan theme divi pasti wordpress 5.0 ini mudah buat anda, karena mirip sekali page builders nya.

Membahas Fitur-Fitur Yang Ada Di Editor Wordpress 5.0 Gutenberg

1. Judul Artikel, Gambar Dan Featured Image


A. Judul artikel, berguna untuk menampilkan judul atau kalimat yang anda posting.
B. Gambar, anda bisa menggunakan fitur gambar juga, anda bisa mengambil atau memilih fitur yang bertanda tambah ( + ).
C. Featured Image, berguna untuk menampilkan gambar artikel di halaman website anda.



2. Fitur Tambah


Ada banyak fitur yang tersedia di menu tambah ( + ). seperti, Most used, Common Blocks, Formatting, Layout Elements, Widgets, Dan Embeds. saya akan membahasnya satu grup saja tidak semua fitur, karena anda pasti mudah menebak fitur nya. mudahnya lagi fiturnya ada kalimat dan gambar. pasti anda tidak pusing.

A. Most Used
Contoh gambar ada diatas, dengan menebak gambar fitur anda menjadi tau apa kegunaannya. jadi saya tidak membahas detail fitur ini.

B. Common Blocks

C. Formatting
Biasanya bagi anda yang bisa membuat script/code html,css dll. anda bisa membuat tampilan sendiri di fitur Formating ini sendiri, caranya tinggal pilih misalnya code, lalu ketikan script yang ingin anda tampilankan di artikel.

D. Layout Elements
Grup Layout Elements ini, anda bisa membuat tombol botton dengan mudah, membuat colums contohnya memberi baris pemisah antara colums lainnnya.

E. Widgets
Bisa anda gunakan untuk menampilkan related post di artikel anda, menampilkna kategori, dan masih banyak lagi.

F. Embeds
Grup embeds ini, berisi fitur-fitur sosial media lengkap yang ada, jadi anda tinggal memilih embeds lalu salink link sosial media anda.

3. Melihat Grup Yang Sudah Anda Gunakan

Seperti foto diatas, saya telah membuat postingan yang berisi gambar, heading(judul) dan paragraf. wordpress versi 5.0 ini sangat mempermudah anda melihat apa yang sudah anda miliki dan tidak perlu melihatnya dengan cara scroll mouse anda.


4. Pengaturan Editor

Pengaturan pada wordpress v 5.0 ini, cukup mudah di pahami oleh pemula atau pun bagi pengguna wordpress yang masih menggunakan clasic editor. pengaturan wordpress 5.0 ini lebih teratur dan elegant dari editor lama, jadi anda tidak usah khawatir karena sama sama pengaturannnya dengan clasic editor.

A. Status & Visibility

  • Visibility di publikasikan dengan cara keseluruhan(semua dapat melihat post).
  • Private, cuma anda yang bisa melihat artikel yang anda buat.
  • Password Protected, saat melihat artikel akan ada di suruh masukkan password untuk membaca sebuah artikel.
B. Publish
Berfungsi untuk mempublish artikel anda sesuai jadwal anda, contohnya saya membuat artikel pada tanggal 9/12/2018, tetapi saya setting pada tanggal 12/12/2018 jam 13.00. nah, pengaturan ini sangat berguna sekali untuk anda yang lagi sibuk dan tidak sempat membuat artikel web anda.

C. Banyak Lagi pengaturan Yang Sudah Anda Tau
Gambar di atas tidak saya jelasin, karena anda sudah tau kegunaannya masing-masing. sama seperti pengaturan clasic editor wordpress lama.


5. Fitur Grup

Fitur ini salah satu yang saya suka oleh wordpress 5.0 ini, karena fitur 1 grup lengkap seperti gambar diatas. di wordpress lama tidak bisa duplicate, sekarang bisa dan bisa juga menghapus grup block juga.


6. Fitur Block

Fitur block ini berguna untuk mengatur lebih detail sebuah fitur grup. contohnya gambar di atas. caranya klik gambar lalu lihat sebalah kanan pilih tab block, nanti ada pengaturan detail untuk gambar tersebut.
block bukan cuma untuk gambar, tetapi semua fitur grup bisa digunakan oleh block, seperti paragraf, gambar. code html dan masih banyak lainnya.


7. Fitur Hide More Tools & Options

Fitur ini merupakah fitur yang paling banyak dampaknya untuk anda membuat artikel supaya editor yang anda pakai itu full control untuk anda.
Berikut ini tools yang saya akan jelaskan.

A. View
Top Toolbar

  • Top Toolbar, berguna untuk menampilkan pengaturan yang lebih baik dan memudahkan anda mendesain artikel sendiri.
Spotlight Mode
  • Spotlight Mode, berguna untuk memfokuskan anda membuat artikel. contohnya saya membuat judul artikel seperti diatas, otomatis yang paragraf dan gambar akan pudar.
Fullscreen Mode
  • Fullscreen Mode, berfungsi untuk memperluas pengaturan artikel anda, alias artikel anda akan full screen semua.

B. Editor
  • Visual Editor, berfungsi untuk mempermudah membuat artikel tanpa harus mengedit html dan css.
  • Code Editor, berfungsu untuk mendesain sebuah artikel agar lebih bagus dan elegant. bagi anda yang bisa html dan css bisa manfaatkan Code Editor.
C. Tools
  • Manage All Reusable Blocks, berguna untuk backup artikel yang sudah anda buat. jadi anda bisa menyimpan, mempublish, maupun anda edit kembali.
Keyboard Shortcuts
  • Keyboard Shortcuts, berguna untuk mempermudah membuka pengaturan dengan cara menekan keyboard anda, agar lebih simple dan tidak membuang waktu.
  • Copy All Content, berguna untuk meng copy semua artikel yang sudah anda buat atau bisa juga Ctrl + A, lalu Ctrl + C.
  • Options, menampilkan pengaturan yang ingin anda tampil dan di gunakan.

BANTU KAMI UNTUK MEMBAGIKAN ARTIKEL MANFAAT KE TEMAN-TEMAN ANDA MAUPUN SOSIAL MEDIA ANDA, AGAR BLOG INI BISA BERKEMBANG DAN BANYAK MEMBAGIKAN ILMU BERMANFAAT UNTUK SELURUH ORANG.
Demikilanlah review singkat wordpress gutenberg 5.0, yang saya jelaskan. semoga anda mengerti cara pemakaian wordpress 5.0 yang baru ini.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "Review Editor Wordpress V.5.0 GUTENBERG + All Fiturs"