Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengelola Keuangan Yang Baik Saat Bulan Puasa

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah bagi beragama islam. berpuasa selama 12 jam adalah kewajiban di laksanakan saat waktu imsyak sampai azan magrib berkumandang. bagi anda yang seorang suka menabung uang setiap hari harus memperhatikan apa yang anda beli dan di butuhkan untuk sendiri.
Apalagi di bulan ramadhan banyak pedangang makanan, baju dan aksesoris yang bisa menunjang diri anda.
Apalagi di bulan ramadhan banyak pedangang makanan, baju dan aksesoris yang bisa menunjang diri anda. mungkin anda susah menahan untuk membeli kebutuhan tersebut, padahal barang itu tidak terlalu dibutuhkan oleh anda. mengelola uang pada saat ramadhan adalah pilihan yang tepat agar uang anda tidak terbuang dengan sia-sia membeli barang tidak berguna.

Lihat Juga : Momen Paling Seru Saat Bulan Ramadhan

Cara Mengelola Keuangan Yang Baik Dan Benar Saat Ramadhan

1. Buka Puasa Dan Sahur Jangan Terlalu Mahal

Memakan dan minuman saat berbuka puasa dan sahur merupakan wajib untuk semua orang. tetapi anda harus memperhatikan uang anda sendiri, apakah cocok untuk membeli makanan tersebut atau tidak. belilah dengan harga terjangkau, agar keuangan anda bisa mencapai target.

2. Gunakan Uang Di Acara Penting Saja

Di bulan ramadhan banyak acara-acara yang anda hadiri bukan ? seperti buka bersama, berkumpul bersama teman-teman atau keluarga besar. di sanalah anda harus mensaring acara mana yang perlu di hadiri, sebenarnya baik untuk anda menghadiri acara sambil berinteraksi sesama, tetapi jangan terlalu sering ikut acara yang tidak penting.

3. Membeli Baju Secukupnya

Adat masyarakat salah satu sebelum abis melaksanakan puasa adalah pergi ke pasar untuk membeli pakaian baru untuk di kenakan di hari raya. tidak salah membeli pelengkapan pakaian, tetapi yang salah adalah saat anda membeli barang dengan berlebihan sampai menghabiskan uang gajian dan uang tabungan anda sendiri.

Jadi, apabila baju anda masih ada dan masih layak di pakai, apa salahnya jangan membeli baju baru dulu kan ?

4. Simpan Uang THR

Setelah melaksanakan sholat Ied (idul fitri) biasanya masyarakat berbondong-bondong pergi kerumah keluarga mereka untuk bersilahturahmi. sambil berbicara pasti ada salah satu anggota keluarga memberi hadiar sebuah uang saku kepada anak-anak mereka, karena sudah melaksanakan 1 bulan puasa.

Memegang uang banyak memang susah, apalagi banyak di jalanan menjual makanan dan minuman yang sangat enak untuk di coba.

Lihat Juga : 5 Tips Agar Puasa Kamu Bernilai Sempurna

Bagaimana ? apakah anda sudah menemukan cara menggunakan uang anda saat bulan puasa dengan baik dan benar. saya sarankan "Jangan berfoya-foya dengan membeli barang yang tidak dibutuhkan, belilah barang yang bisa berfungsi setiap hari anda gunakan. bagaimana anda menyimpan uang dan bisa mencapai target anda untuk investasi dari sekarang ?"

Demikianlah, artikel cara mengelola keuangan pribadi saat ramadhan. semoga bermanfaat untuk anda semua.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengelola Keuangan Yang Baik Saat Bulan Puasa"