Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia dan Syarat Video Youtube Tidak Kena Hak Cipta, Caranya ?

Bagi anda seorang youtubers pasti sudah mengetahui tentang penggunaan wajar di youtube bukan ? atau anda yang masih baru terjun ke bidang youtube wajib mengetahui apa saja penggunaan wajar yang di perbolehkan youtube dengan publishnya.

Apa Itu Pengguna Wajar ?

Merupakan sebuah dokrin yang dibuat oleh youtube yang memungkinkan kita sebagai konten kreator bisa mengembil video orang lain tanpa memberitau atau hak izin tayang. Bagimana bisa begitu ? pasti ada bertanya-tanya, mari kita persilahkan ahlinya yang berbicara.
menghindari copyright youtube

Membahas Lebih Lanjut Penggunaan Wajar

Channel TheRunListChannel merupakan salah satu saluran youtube yang berupa penggunaan wajar youtube. mereka menampilkan video-video orang untuk dijadikan laporan berita.

Laporan berita adalah jenis penggunaan lainnya yang sering dianggap wajar. Dalam video ini, komentator membahas laporan berita yang salah dari sebuah stasiun TV dan berita tersebut pernah menjadi berita utama.
Komentator tersebut menggunakan klip singkat untuk mengidentifikasi subjek dari laporannya.
Dengan laporan youtube di atas, saya bisa mengambil intinya adalah boleh mengambil video orang lain tanpa hak cipta, tetapi ada beberapa syarat yang harus di penuhi, apa saja ?

Syarat Penggunaan Wajar

1. Konten Harus Baru
Maksudnya video yang anda buat adalah video original, tetapi pembahasan anda bisa di sambungkan dengan video seperti video channel TheRunListChannel.

2. Maksimal Durasi Video 30 Detik
Boleh mengupload video orang lain, tetapi hanya waktu yang singkat saja. saya sarankan 3 detik atau lebih sudah cukup.

Kunci Penggunaan Wajar

Kita contohkan channel calon serjana, mungkin semua pengguna youtube sudah mengetahui channel terkenal reupload dengan semua video mereka buat, tetapi bebas berkreatifitas oleh youtube, karena mereka sudah memiliki syarat-syarat yang sudah saya sampaikan tadi.

Yang penting, pandai-pandai mengedit video dengan kualitas editan anda sendiri, lalu berekperimenlah dengan youtube, jika gagal ulang lagi sampai berhasil.

Sekarang anda berpeluang membuat channel seperti calon serjana, ytcrash dan lainnya. peluang besar untuk anda semua. jadi silahkan baca peraturan lengkapnya supaya tidak salah paham dengan artikel ini di Fair Use.

Demikianlah, cara menghindari video youtube dari copyright dan penjelasan tentang penggunaan wajar youtube yang belum anda ketahui. semoga bermanfaat untuk semua.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

1 komentar untuk "Rahasia dan Syarat Video Youtube Tidak Kena Hak Cipta, Caranya ?"

  1. Wah baru tahu caranya supaya video youtube yang kita upload tidak kena hak cipta

    Nice Info Bang

    Sangat bermanfaat

    BalasHapus