Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menghemat Kuota Internet Di Android Agar Tidak Cepat Habis

Hemat kuota ponsel - Pada era teknologi ini banyak kebutuhan yang harus dipenuh setiap masyarakat dalam bidang internet maupun di sekitarnya. dengan banyaknnya manfaat dari jaringan internet, masyarakat sulit melepas dari jejaring sosial internet. di internet bisa mencari tugas, informasi dan juga berkreatifitas.
cara menghemat kuota android
Untuk mengakses internet anda harus mempunyai data internet atau banyak orang menyebutnya kouta internet. setiap kouta, memiliki batasan tertentu agar bisa menjalankan internet. anda bisa membeli paket kouta dengan cukup murah, ada per bulan, minggu dan tahunan.

Apakah anda seorang yang ingin menjadi hemat apapun, termasuk kouta internet. jika benar, anda adalah kepribadian yang baik dan bagus untuk menyimpan uang. pada artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat tips menghemat kuota android dengan mudah.

Baca Juga : Cara internet gratis tanpa kouta

Tips Menghemat Kuota Android

1. Gunakan Browser Google Chrome

Banyak berbagai jenis browser pencarian google yang bisa anda gunakan seperti safari, mozilla firefox, internet explorer, pada khususnya chrome ini sangat bagus untuk android maupun komputer, dikarenakan chrome sudah menyediakan fitur penghematan data internet. untuk mengaktifkan fitur hemat kouta di chrome android, silahkan masuk ke menu setelan > penghematan data, lalu aktifkan. Sekarang anda dengan tenang berselancar di internet karna sudah di hemat oleh browser chrome.

2. Nonatifkan Sinkronisasi

Sinkronisasi adalah sebuah fitur akun google yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan yang masuk di email anda. biasanya di smartphone otomatis sudah aktif, hal tersebut bisa menyebabkan kouta internet anda menjadi boros dan cepat habis. cara mematikannya cukup mudah, di ponsel android, gulir layar dari atas ke bawah, untuk membuka pengaturan cepat. biasanya icon bulat memutar, selanjutnya nonaktifkan.

3. Nonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Maksud aplikasi latar belakang merupakan aplikasi yang berjalan terus tanpa anda membuka aplikasi tersebut. beberapa pengguna tidak mengetahui hal tersebut, padahal kouta internet juga terkuras habis. aplikasi yang sering memakan kouta di latar belakang adalah media sosial, seperti facebook, whatsapp dan twitter. jika aplikasi tersebut penting untuk anda, jangan di nonaktifkan. masuk pengaturan smartphone, pilih penggunaan data, kemudian silahkan pilih aplikasi yang harus anda nonaktifkan sementara.

4. Matikan Update Aplikasi

Pada dasarnya ponsel android anda tanpa di sadari sudah membuang kouta internet anda. khususnya di aplikasi playstore, semua smatphone pasti mempunyai aplikasi bagus ini berguna mempermudah mendownload aplikasi-aplikasi secara gratis dan berbayar. setiap aplikasi pasti mempunyai kekurangan, seperti playstore. saat anda baru membeli ponsel android, playstore sudah mengaktifkan update otomatis dengan kouta anda. cara mematikannya, buka playstore > garis 3 horizontal > pilih jangan update aplikasi secara otomatis. Anda dapat update aplikasi dengan cara manual dengan mudah.

5. Matikan Data Seluler Internet

Anda hanya menonaktifkan jaringan seluler anda dengan itu kouta anda menjadi hemat. bisa nonaktifkannya sedang lagi tidur dan saat berkendara. manfaatkan di sekitar anda jaringan wifi yang tersedia seperti dikampus atau taman kota.

6. Jangan Terlalu Sering Membuka Instagram

Bagi anda yang mempunyai aplikasi populer ini wajib berhati-hati dengan aplikasi ini. karena aplikasi ini sangat membuang kouta internet anda, seperti saya alami beberapa waktu yang lalu. di instagram foto dan video yang di bagikan oleh orang lain terkadang mempunyai format HD yang bisa menguras kouta anda. maka dari itu atur saja penggunaan instagram sehari-hari.

Baca Juga : Cara menghemat ram agar awet

Demikianlah, penjelasan cara menghemat kuota smartphone android dengan mudah. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.