Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips & Penyebab Komputer Restart Sendiri Terus Menerus

Mengatasi komputer restart sendiri terus - Siapa yang komputer atau laptop dirumahnya mengalami masalah restart sendiri tanpa anda peringatan oleh user. kejadian ini terus berulang-ulang anda alami, pasti anda merasa kesal dan ingin mengetahui masalah apa yang terjadi oleh komputer anda. sebelum menlanjutkan penyebab masalah, mari kita bahas terlebih dahulu penyebab yang sering terjadi tetapi anda tidak menyadari dan di anggap sepele.
mengatasi komputer dan laptop yang mengalami restart sendiri, dengan cara ini
Komputer/Laptop tidak sepenuhnya bisa melengkapi kebutuhan anda sendiri, setiap komputer memiliki peran dan kelebihan masing-masing. maka dari itu anda harus mengenal dulu komputer anda lebih dalam seperti komponen hardware dan software yang support oleh perangkat anda, jangan lupa memeliharan kesehatan.

Kurang memperhatikan komputer uraikan berikut.

  • Terserang virus
  • Sering bermain game sampai berjam-jam.
  • Memaksakan menginstall aplikasi yang berat.
Walaupun simple anda bisa mendapatkan penyebab hardware komputer menjadi rusak, apabila tidak di periksa anda menyebabkan kerusakan yang lainnya.


Penyebab Utama Restart Sendiri

1. Hardisk Bad Sector

Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpanan data dengan kapasitas tertentu. usia hardisk tidak lah permanen, dari pertama rilis hardisk tersebut sudah memiliki ketentuan habis masa pakai seperti di katakan oleh pembuatnya.

Paling lama usia nya sampai 10 tahun saja dan selanjutnya ada masalah sedikit, lalu akan meluas menjadi bad sector. alangkah baiknya anda menyiapkan backup data agar waspada.

2. Ram Rusak

Ram adalah sebuah media penyimpanan sementara untuk aplikasi yang berjalan di latar belakang. saat aplikasi yang anda buka, otomatis ram akan menyediakan tempat aplikasi yang di buka. anda harus memperhatikan kapasitas ram anda, apalagi anda yang hobi membuka aplikasi lebih dari lima.

Saya sarankan untuk membeli kapasistas ram yang 4Gb atau 8Gb, agar proses sistem operasi berjalan dengan baik, lancar dan tanpa ada gangguan.

3. VGA Overheat/Panas

Fungsi VGA salah satu nya untuk media grafik komputer, biasanya di gunakan untuk pekerjaan desain-desain atau bermain game dengan kualiatas HD. anda yang hobi bermain game pasti ingin main di komputer sendiri, tetapi komputer anda tidak support dengan game, maka itu anda coba menginstall dan gagal.

Lebih parahnya lagi layar anda menjadi blue screen. apakah anda ingin melakukan permasalahan itu ? anda sangat rugi apabila memperbaikinya dengan harga yang mahal.

4. Kipas Komputer Banyak Debu

Semua perangkat pasti memiliki debu yang menempel dengan sendirinya bukan ? hal sepele tetapi anda harus memperhatikan ini. kipas komputer dan laptop biasanya sering di hinggapi oleh debu, karena kipas menghirup udara dari luar dan dari dalam juga.

Jangan sampai debunya menjadi tebal, pasti akan menyebabkan panas dan restart sendiri. saya sarankan, bersihkan setiap satu bulan sekali agar terjaga kebersihan. bukan hanya bersih, anda pasti bahagia melihat komputer anda tanpa ada debu dan membuat semangat berkerja.

5. Virus Nakal

Anda pasti sering berselancar di internet kan ? di internet bisa juga anda mendapatkan virus yang tersebar dengan leluasanya, apalagi komputer anda tidak ada benteng pertahan untuk mencengah virus masuk. hal itu sangat berbahaya sekali untuk usia komputer.

Tips saya sendiri, install aplikasi antivirus terbaik menurut anda yang bisa melawan virus-virus yang ingin merusak system komputer anda.

Penutup

Demikianlah, tips dari saya tentang cara mengatasi komputer restart sendiri terus. semoga bermanfaat untuk anda dan jangan mengulangi masalah yang sama. bagikan artikel ini ke teman anda, agar mendapatkan ilmu yang baik.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

Posting Komentar untuk "5 Tips & Penyebab Komputer Restart Sendiri Terus Menerus"