Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Karena Whatsapp 2019

Cara mengatasi memori penuh di whatsapp - Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang berada di perangkat smartphone yang terpopuler dari pertama rilisannya sampai tahun ini. pengguna whatsapp di indonesia sudah hampir 80 juta yang sudah menginstall aplikasi keren chat ini untuk menunjang aktifitas mereka sehari-hari.
Menggunakan whatsapp juga mengaksikan dan cocok untuk aplikasi chat ringan untuk hp yang memiliki spesifikasi rendah. tetapi semakin lama anda menggunakan whatsapp pasti mengalami hal berikut ini seperti.
  • Memori penuh, padahal cuma aplikasi chat.
  • Menambah beban membuka aplikasi whatsapp.
  • Gambar terunduk sendirinya.
Mungkin ada lebih banyak problem yang anda alami, tetapi artikel ini bisa menyelesaikan masalah anda di aplikasi whatsapp.

Bagi anda yang pandai merawat hp sendiri, pasti sudah teliti dengan aplikasi sebelum anda install bukan ? nah, apabila anda kurang memperhatikan kinerja smartphone anda akan mengalami masalah-masalah yang bisa menyebabkan merugikan sendiri.

Mengatasi Memori Penuh di Whatsapp

1. Menghapus Cache Whatsapp

Sebaiknya pengguna aplikasi whatsapp harus rutin membersihkan cache aplikasinya, bukan hanya untuk WA, tetapi semua aplikasi wajib di bersihkan cachenya.

Cache merupakan sebuah history/riwayat tulisan whatsapp yang sudah pernah anda buat sebelumnnya. hal itu akan menambah kapasitas memori walaupun sedikit.

2. Pindahkan Aplikasi Data Whatsapp Ke Memori Eksternal/Sdcard

Cara ini paling bagus untuk anda yang suka menginstall aplikasi banyak dismartphonenya, anda bisa memanfaatkan pengaturan telepon untuk memindahkan data aplikasi atau bisa ikuti cara memindahkan data menggunakan exposed.

3. Hindari Unduh Gambar Otomatis

Whatsapp memiliki fitur bagus salah satunya mendownload semua gambar dan video saat terkirim ke anda. mungkin itu hal baik, tetapi apabila anda memiliki grup banyak dan suka menyebarkan video yang seharusnya tidak anda inginkan otomatis tersimpan di galeri anda.

Ruginya sudah tidak mau, dan terkuras kouta anda dengan banyak. maka dari itu kita harus menonaktifkan fitur tersebut.
  • Buka whatsapp, lihat pojok kanan anda ada titik 3, lalu pilih setelan.
  • Pilih Pengguna data dan penyimpanan dan setting di bagian Saat terhubung ke wi-fi atau data seluler sesuai dengan anda.

4. Hapus Semua Chat

Apabila anda sudah selesai chat orang, alangkah baiknya menghapus chatannya langsung untuk menghindari memori penuh, itu paling mudahnya yang bisa anda lakukan. anda bisa juga menghapus Riwayat chat dengan satu kali klik saja.
  • Buka whatsapp, pilih titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih setelan > Chat > Riwayat chat, kemudian hapus semua chat.
Mudah sekali bukan untuk di praktekan ? anda bisa juga menggunakan ekspor chat jika ingin memindahkan chat ke hp lainnya dan masih banyak lagi.


Demikianlah, tutorial cara membersihkan whatsapp tanpa menghapus chat dan beban memori whatsapp. semoga bermanfaat untuk anda semua.
Surya
Surya Seorang mahasiswa yang senang membagikan informasi yang sudah saya dapatkan. Informasi yang saya tulis blog ini, sesuai pengalaman saya dari pertama blog.

2 komentar untuk "4 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Karena Whatsapp 2019"